Selasa, 30 Agustus 2016

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun



Begitu si kecil mencapai usia tiga tahun, Anda sudah mampu membaca suasana hatinya serta menanggapi berbagai kebutuhannya secara cepat. Ia pun sudah mampu mengerti Anda dengan baik. Ia tahu bahwa rasa cinta Anda terhadapnya adalah tanpa syarat dan, meskipun terkadang Anda tidak menyukai perilakunya, Anda akan selalu menyayanginya.

Berlatih Untuk Melepasnya
Meskipun si tiga tahun sudah bisa bermain secara mandiri, ia masih ingin Anda berada di dekatnya. Anda bisa membantu anak untuk lebih mudah berpisah dengan cara lebih sering melatihnya mendapatkan perhatian Anda, kemudian melepaskannya. Anda dapat melakukan ini dengan memberinya perhatian yang sebentar tapi sering. Berikan satu atau dua menit perhatian penuh Anda, kemudian tinggalkan dia bermain sendirian sebelum Anda kembali lagi untuk memberinya perhatian. Cara ini melatih anak untuk melepaskan Anda dan belajar bahwa Anda akan selalu kembali.

Pertarungan Kehendak
Di usia tiga tahun, anak mulai menyatakan diri sebagai seorang individu, dan sering menolak melakukan hal yang diperintahkan. “Tidak” merupakan kata favoritnya. Meskipun perilaku ini cukup menantang Anda, ada banyak keuntungan yang didapat dari anak yang berkemauan keras : ia mampu mengungkapkan kebutuhannya dengan jelas, mengembangkan pendapat yang tegas, dan kecil kemungkinan menjadi korban bully baik sekarang maupun di tahun-tahun yang akan datang. Namun demikian, agar sukses di rumah maupun di taman bermain, ia perlu tahu yang harus dilakukan jika diberi perintah.

Menangani Tantrum
Karena bisa memalukan dan sulit untuk di abaikan, tantrum merupakan penyebab utama stres bagi para orang tua. Sering kali tantrum terjadi di depan umum, yang berarti Anda menghadapi banyak penonton yang mengamati Anda tengah berupaya meredakan amukan serta jeritan si kecil. Tantrum mulai terlihat sekitar usia 18-24 tahun dan berlanjut hingga masa awal balita. Kegiatan harian, seperti berpakaian, pergi ke supermarket, atau bertemu bisa menjadi situasi penuh stress selagi Anda mencoba tetap tenang sementara anak Anda menjadi-jadi tantrumnya.
Kabar baiknya adalah tantrum membantu anak Anda menghadapi perasaan frustasi. Tantrum membuat anak mampu menunjukkan betapa marahnya dia.
Tantrum juga memberi Anda kesempatan untuk melatih anak mengatur emosinya dengan cara membicarakan perasaannya setelah tantrum usai. Ketika Anda tetap tenang di tengah luapan marah serta frustasinya, Anda mengajarkan si tiga tahun bahwa perasaan-perasaan kuat tersebut tidak perlu ditakuti dan dapat dikendalikan. Jadi, usahakan untuk bersikap tenang dan tetaplah berada di dekatnya agar ia tetap aman. Hindari berunding dengan anak di tengah-tengah emosinya, ia tak akan mampu menangkap apa pun yang Anda katakan selama tantrum berlangsung.

Mendapatkan Perilaku Yang Anda Inginkan
Pujian dan perhatian Anda memiliki andil kuat dalam mencetuskan perilaku baik yang Anda inginkan dari si buah hati. Kebiasaan Anda dalam memberikan perhatian yang positif pun akan terbentuk dengan baik ketika anak Anda mencapai usia tiga tahun. Dengan memuji serta mengakui prestasi anak saat ia melakukan sesuatu dengan prima, Anda membangun rasa percaya diri dan harga dirinya.
Ketika melihat si kecil berperilaku baik atau menurut, tunjukkan rasa senang Anda. Pelukan, tepukan, atau beberapa kata pujian akan membuat anak ingin mengulanginya kembali. Cara Anda memberikan pujian dapat menentukan apakah anak mampu menangkap pesan yang positif. Saat Anda mengucapkan namanya, gunakan nada suara yang hangat dan penuh sayang, tataplah matanya, dan bersungguh-sungguh dengan ucapan Anda. Dengan begini, pujian akan memberikan dampak lebih kuat.

Mampu Mandiri
Si tiga tahun mulai menghadapi sebuah tantangan yang akan bertahan selamanya, yakni menjadi mandiri. Tahap ini berlangsung bertahun-tahun lamanya di saat ia mencoba tugas-tugas yang semakin kompleks; dimulai dengan mencuci dan berpakaian, lalu berangsur-angsur mulai membuat keputusan sendiri. Ia menguji keterbatasan koordinasi gerak serta pemikirannya, jadi Anda akan menemui banyak letupan frustasi di saat ia terus mencoba setiap tugas baru. Tetapi, ia akan cepat menguasai tugas-tugasnya jika Anda dengan tenang memberinya sedikit bantuan tanpa mengambil alih. Hasratnya untuk menjadi mandiri membuat anak termotivasi untuk mencoba segala hal sendiri.

Memiliki Teman
Si tiga tahun sudah mampu menjalin pertemanan dan bermain dengan anak-anak lain. Melalui tempat penitipan anak, kerabat, serta teman, ia memiliki kontak yang rutin dengan kelompok anak seusianya dan mulai condong bergaul dengan anak-anak yang ia sukai. Ia akan membangun hubungan tersebut melalui kerja sama bersama teman-teman sebayanya dalam permainan serta kegiatan sederhana yang diatur oleh orang-orang dewasa di sekitarnya. Karena baru belajar cara berbagi, ia masih perlu diawasi agar terhindar dari perebutan mainan dan perlu didorong untuk bergiliran.

Anak Pemalu
Sifat ramah atau pemalu pada anak-anak sungguh bervariasi. Tidaklah mengherankan jika sebagian dari sekelompok anak berusia tiga tahun adalah pemalu dan lebih senang bermain sendirian, sementara sebagian lainnya memiliki kepribadian yang lebih aktif dan sosial. Sifat pemalu bukanlah hal yang perlu dipermaslahkan; hal ini bisa saja hanya mencerminkan temperamen serta preferensi anak Anda. Sifat ini cenderung bawaan, jadi jika Anda orang tua yang pemalu, maka anak Anda pun berkemungkinan demikian. Sifat pemalu bisa saja diturunkan atau karena anak menirukan sikap Anda terhadap dunia.

Sebagian orang tua khawatir sifat pemalu anak mereka akan menghalanginya mendapatkan teman. Anak pemalu mungkin membutuhkan bantuan tambahan untuk berbaur dengan anak lain dan untuk merasa percaya diri dalam berbagai situasi baru.

Berkembangnya Rasa Humor
Si tiga tahun menikmati lelucon sederhana dan berjenis slapstick (kasar) , juga mulai memahami humor toilet. Kemampuan anak melihat sisi lucu dari kehidupan tumbuh bersamaan dengan keterampilan bahasanya dan kemampuannnya meyadari hal-hal yang menggelikan. Anak yang ceria sangat memikat; kemampuannya bercanda dan tertawa membuatnya lebih mudah berhubungan dengan anak lainnya.

Artikel Terkait

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email